Thursday, May 5, 2016

Makanan Khas Pemalang yang Wajib Kita Coba

  Setiap daerah pasti mempunyai ciri khasnya masing-masing. begitu pula dengan kota Pemalang Jawa Tengah yang mempunyai slogan 'Ikhlas' dan terletak di antara kota Tegal dan Pekalongan. Berikut adalah ciri khas kota Pemalang di bidang kuliner, bagi yang belum pernah mencoba silakan mampir ke Pemalang dan rasakan sensasi rasanya

1. Grombyang

grombyang khas pemalang

  Kuliner yang diciptakan pada tahun 1900an ini, sangat digemari oleh masyarakat pemalang baik tua maupun muda karena cita rasanya yg khas dan ngangenin. hehe,
Sebagian diantara kalian pasti ada yg bertanya tanya kenapa kok namanya Nasi Grombyang??? Okelah, jadi gini..
Nasi grombyang ini pada awal penyajiannya lebih banyak takaran kuahnya dibandingkan dengan isinya yaitu Nasi, Daun bawang, Daun salam & irisan daging kerbau yang dipotong kotak2. Sehingga terlihat Grombyang grombyang atau Goyang goyang. Unik sekali yah hehehe...
Kalian bisa menemukan kuliner ini disekitaran Jl. RE Martadinata Alun alun Kota Pemalang. Makanan ini enak loh. Cocok banget buat makan bareng temen atau kumpul keluarga di siang hari.

2.Lontong Dekem

Lontong Dekem

Kalau di Surabaya ada Lontong Balap, di Pemalang ada yang namanya Lontong Dekem.
Sekilas rupanya memang terlihat sama, tapi jangan salah sangka dulu kawan, perbedaannya ada pada cara penyajiannya yg unik, yaitu Mangkok yang sudah berisi irisan lontong disiram lalu ditumpahkan lagi, disiram lagi lalu ditumpahkan lagi hingga beberapa kali sehingga kuliner ini dinamakan lontong dekem atau rendam. *Bikinnya kurang kerjaan banget yaa hehe..
Setelah itu ditaburi sambal goreng diatasnya yg membuat lidah kamu tak sabar untuk bergoyang, dan untuk lauknya kamu bisa pilih sendiri. Ada Bebek, ayam, tahu dll
Oh iya, jangan lupa krupuknya yah biar lebih mantap!

Bila Anda tengah melintas di Pemalang dan ingin sejenak rehat, lontong dekem bisa menjadi alternatif santap malam. Disajikan hangat-panas, kuah lontong dekem ini akan memberi kehangatan karena ada rasa pedasnya yang berasal dari daun sereh
Untuk merasakan sensasinya kamu bisa dateng ke Jl. RE Martadinata sebelah pasar anyar, disana juga bejibun makanan khas pemalang lainnya

3.Kamir Arab
Kamir khas Pemalang

Kue yang satu ini sebelas duabelas sama Dorayaki makanan khas jepang yang sering dimakan Doraemon.
Tapi sebenarnya kue ini berasal dari Arab sebelum menjadi makanan khas Pemalang, kue ini dibawa oleh perantau Arab yg tinggal didaerah Mulyoharjo atau oleh masyarakat pemalang lebih dikenal dengan Kampung Arab.
Nama kamir berasal dari kata khamir yang berarti Ragi.
Kue Kamir ini ada 2 jenis macamnya yaitu Kamir terigu & Kamir beras, namun dipasaran lebih banyak yang menjual kamir terigu karena lebih empuk dan tahan lama.
Dan sekarang kue ini sudah divariasi dengan beragam rasa, seperti; Cokelat, keju, strawberry, nanas, pisang dll.
Kue ini terbuat dari adonan terigu, mentega, pisang ambon, tape dan telur. Kue kamir ada dua jenis, yaitu kamir beras dan kamir terigu. Dipasaran kota Pemalang lebih banyak kamir terigu karena yang tahan lama sedangkan kamir beras hanya berdasarkan pesanan.
Kue ini berbentuk bundar, pipih berwarna coklat dan hampir menyerupai kue apem atau serabi tetapi sedikit lebih besar dan bantet. Sedangkan ukurannya bervariasi, yang terbesar sampai sebesar lingkaran piring makan. Sedangkan terkecil sebesar lingkaran mangkok.
Datang saja ke daerah Mulyoharjo atau Kampung Arab, disana banyak yg menyuguhkan kue kamir ini dan kamu bisa menjadikan Kue ini buah tangan atau oleh2 ketika berkunjung di kota Pemalang.

4.Sate Loso
Sate Loso

Bagi penikmat makanan sate sate kambing, sate ayam, sate bebek, sate kelinci, ataupun sate sapi, mungkin sudah hal yang biasa. Namun di pemalang, jawa tengah ada menu hidangan sate yang diberi nama sate loso. Di samping rasanya yang bermacam-macam ada manis, gurih, pedas, asam, dan daging terasa wangi, sate loso yang bahan dasarnya dari daging kerbau diyakini rendah kolesterol sehingga dampaknya aman bagi penyakit darah tinggi dan jantung. Sate yang bukan sembarang sate, sate yg satu ini berbeda dengan sate kebanyakan, karena sebelum dibakar daging sate yg diambil dari daging kerbau ini dibacem terlebih dahulu. Ya, di bacem layaknya tempe, sehingga terbayang betapa aduhainya ketika sudah dibakar. Maknyuss coy...
Kok namanya LOSO apa hubungannya dengan daging kerbau?? ya, memang tidak ada hubungannya. Konon nama sate loso ini diambil dari nama pencetusnya yaitu Mbah Loso. Kuliner ini juga banyak dijumpai di sekitaran Alun alun Pemalang (biasanya).

5. Kacang Dongkal dan Tahu Dongkal


Kacang goreng dongkal
Kacang goreng dongkal


Seperti hal nya dengan kacang goreng umumnya, kacang dongkal juga rasanya tidak jauh beda. hanya rasanya yang lebih gurih karena kacangnya ditanam di tanah Jawa yang kandungan unsur haranya lebih banyak dan tergolong daerah yang subur dibanding tanah lainnya.
Perlu diketahui dahulu, dinamakan kacang Dongkal itu karena dulu pertama di buat di Kecamatan Randudongkal dan sangat populer pada masanya. Kacang ini sangat digemari oleh masyarakat Pemalang karena kegurihan yang membuat mulut tidak berhenti mengunyahnya. Pokoknya Mantap deh.
Sangat dianjurkan untuk camilan dan juga harganya yang murah.

Tahu dongkal
Tahu Dongkal
Tahu Dongkal sudah dikenal oleh masyarakat di kab.Pemalang, yang memiliki rasa enak, gurih(direbus dgn air garam + kunyit), teksturnya lembut,dan tanpa pengawet, sedangkan pewarnaanya menggunakan kunir/kunyit. oleh karena itu, makanan ini juga bisa menjadi lauk makanan yang sehat.
Seperti halnya Kacang dongkal, tahu dongkal juga berasal dari kecamatan Randudongkal yang menjadi alasan mengapa tahu ini dinamakan tahu dongkal.

6.Ogel-Ogel
Ogel-ogel khas Pemalang

ininih... ini.. inii.... jajanan khas pemalang yg kebanyakan warga pemalangnya sendiri malah nggak tau, ora paham ora mudeng. ogel ogel sih apa???haha
Nih tak jelasin, jadi Ogel ogel adalah jajanan khas pemalang yg terbuat dari beras ketan. Serta digauli oleh gula, garam, keju, bumbu & dibentuk menyerupai ulat sehingga pada akhirnya dinamakan Ogel ogel. begitulah kira2 bunyinya..
Camilan ini mempunyai rasa yang gurih, renyah dan lezat. Dibuat dari 100% bahan alami sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai camilan atau juga bisa digunakan sebagai pengganti kerupuk.
Untuk mendapatkannya kalian bisa datang ke UD Cipta Jaya, blok H1 Perumahan BTN Kaligelang, Pemalang.

No comments:

Post a Comment